5 Jenis Obat Antibiotik Yang Paling Umum digunakan

5 Jenis Antibiotik Yang Paling Umum

Obat Antibiotik_1 

Begitu banyaknya jenis antibiotik yang ada tidak hanya membingungkan pasien, kadang dokter yang meresepkan juga ikut bingung. Bukan tidak mungkin karena tidak tahu pasti antibiotik apa yang harus digunakan, maka langsung dipilih yang paling ampuh. Saat meresepkan antibiotik, dokter punya standar. Dimulai dari yang paling sederhana, kalau nggak mempan baru pakai generasi terbaru. Kalau langsung diberi yang paling mutakhir, itu seperti membunuh nyamuk pakai bom.

Pemilihan antibiotik yang tidak sesuai kadang bukan kemauan dokter, tetapi tekanan pasien yang merasa punya uang dan ingin diberi obat paling manjur. Akhirnya dokter memilihkan obat bukan berdasarkan standar baku, tetapi hanya untuk menyenangkan pasiennya. Tapi setidaknya ada 5 antibiotik paling umun yang sering dipakai masyarakat, antara lain :

1. Amoxicillin

Amoxicillin merupakan antibiotik golongan penicillin, lebih spesifik lagi termasuk kelompok aminopenicillin seperti halnya jenis antibiotik populer lainnnya yakni ampicilin. Penggunaannya sangat luas, mulai dari untuk obati infeksi kulit, gigi, telinga, saluran napas dan saluran kemih.

2. Cefadroxil

Cefadroxil merupakan generasi pertama antibiotik golongan Cephalosphorin, yang cara kerjanya hampir sama dengan Amoxicillin dan antibiotik lain di golongan penicillin. Penggunaannya juga sama luas, mulai untuk mengobati dari infeksi kulit hingga saluran kemih.

3. Erythromicyn

Erythromicin merupakan antibiotika golongan makrolid yang sering diberikan pada pasien yang alergi penicillin. Penggunaannya lebih luas dari penicillin maupun cephalosphorin, sehingga sering dipakai sebagai pilihan pertama untuk pengobatan pneumonia atipik.

4. Ciprofloxacin

Ciprofloxacin merupakan antibiotik golongan floroquinolon, salah satu jenis antibiotik paling mutakhir saat ini. Penggunaannya antara lain untuk mengobati infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas (sinusitis, pneumonia, bronkitis) dan juga infeksi kulit.

5. Tetrasiklin

Di kalangan pekerja seks, tetrasiklin cukup populer karena jenis antibiotika ini paling sering jadi pilihan utama untuk mengobati infeksi kelamin seperti chlamydia dan gonorrhea atau kencing nanah. Penggunaan antibiotik jenis ini mulai dibatasi, karena memicu masalah resistensi yang membuat kuman gonorrhea jadi kebal antibiotik.

nah, itu dia 5 jenis Obat Jenis Antibiotik yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Terima kasih dan Salam sehat buat kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *