5 Rekomendasi Obat Alergi Gatal Paling Umum

5 Rekomendasi Obat Alergi Gatal Paling Umum

Obat Alergi Gatal

Hampir setiap orang pernah merasakan gatal, terutama gatal pada kulit tentu saja dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Biasanya, rasa gatal akan menimbulkan sensasi tidak nyaman dan disebabkan oleh beragam faktor. Tindakan perawatan diri saat kulit gatal yang paling penting adalah menghindari goresan. Sebab menggaruk bisa menyebabkan peradangan dan memperburuk rasa gatal. Pada dasarnya, untuk mengatasinya adalah dengan penggunaan obat untuk membantu meringankan rasa gatal yang ditimbulkan. Nah, berikut ini adalah rekomendasi 5 obat gatal alergi gatal yang paling umum dijumpai di apotek.

1. Claritin mengobati gejala gatal alergik kronis

Claritin merupakan salah satu obat gatal alergi yang dijual di apotek. Jenis obat yang berbentuk tablet ini juga dapat mengatasi berbagai gejala gatal alergik kronis dan penyakit alergik kulit lainnya. Claritin yang mengandung Loratadine bekerja dengan menghambat histamin, yaitu suat zat alami tubuh penyebab alergi. Selain itu Claritin bisa mengobati gejala rhinitis alergi seperti hidung tersumbat, bersin berulang dan gatal di bagian hidung.

2. Mesol bisa digunakan sebagai antiinflamasi

Obat gatal yang ada dijual di apotek selanjutnya yakni Mesol. Mesol adalah jenis obat gatal berbentuk tablet salut selaput yang diproduksi oleh Gracia Pharmindo Indonesia. Obat ini sering digunakan sebagai antiinflamasi saat terjadi peradangan, gatal, kemerahan serta immunosupresan. Setiap tablet Mesol mengandung zat aktif Methylprednisolone yang dapat diminum pada penderita gangguan kulit seperti dermatitis dan psoriasis. Namun karena Mesol merupakan obat keras, maka harus digunakan sesuai petunjuk dokter.

3. Alleron dapat meredakan dermatitis dan rhinitis

Obat gatal yang ada di apotek seperti Alleron adalah pilihan terbaik untuk membantu atasi gejala alergi. Jenis obat ini mengandung Chlorpheniramine Maleate dan bekerja dengan menghambat efek dari histamin pemicu alergi. Obat tersebut juga berfungsi meredakan gatal yang diakibatkan dermatitis, rhinitis, konjungtivitas dan uritcaria hingga karena gigitan serangga. Alleron pun bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Namun pastikan ikuti dosisnya sesuai yang disarankan.

4. Lameson sering digunakan untuk radang pada kulit

Lameson merupakan obat alergi gatal yang masuk ke dalam kategori kortikosteroid. Jenis obat yang mengandung Methylprednisolone sering digunakan untuk peradangan, kemerahan dan kekeringan pada kulit. Bahkan terkadang, Lameson juga dipakai sebagai obat sariawan pada mulut. Lameson pun tersedia dalam bentuk tablet 4 mg, 8 mg dan 16 mg yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun bila memiliki diabetes, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

5. Xyzal mengurangi gatal dan ruam merah di kulit

Xyzal adalah obat gatal yang mengandung zat aktif Levocetirizine Dihydrochloride. Obat ini kerap kali digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan ruam kulit. Bahkan juga diminum sebagai obat anti alergi dalam mengatasi gejala alergi seperti mata berair, pilek dan bersin. Selain itu, Xyzal sendiri jenis obat yang bekerja dengan cara menghalangi terbentuknya histamin pada tubuh. Biasanya Xyzal dianjurkan pada penderita alergi rhinitis akibat pergantian musim, alergen atau bahkan gatal yang tidak diketahui penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *