Jenis-Jenis Obat Mual Sesuai Dengan Penyebabnya

Jenis Obat Mual Sesuai Dengan Penyebabnya

Obat Mual

Hampir semua orang pernah mengalami mual, yaitu suatu sensasi ingin muntah dari dalam tubuh. Pada sebagian kasus, mual adalah kondisi yang ringan yang bisa hilang sendiri. Namun, jika keadaan tak kunjung membaik, obat mual muntah bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Mual

Mual bisa berasal dari berbagai penyebab. Beberapa orang sangat sensitif terhadap gerakan atau makanan, obat-obatan, atau efek kondisi medis tertentu. Semua hal ini bisa menyebabkan mual. Berikut ini beberapa hal umum yang menyebabkan mual pada seseorang:

  • Kamu mengonsumsi terlalu banyak makanan pada satu waktu
  • Menghirup aroma yang menjijikan atau tidak aroma yang tidak kamu sukai
  • Berada dalam kendaraan atau mabuk perjalanan
  • Sedang dalam masa kehamilan, khususnya pada trimester awal kehamilan
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras

Cara Mengatasi Mual

Perawatan untuk mual tergantung pada penyebabnya. Terdapat beberapa obat yang mampu mengatasi mual tergantung pada penyebabnya misalnya mabuk perjalanan juga dapat dibantu dengan obat-obatan seperti dimenhydrinate (Dramamine) dan antihistamin. Minum obat untuk mengatasi penyebab mual juga dapat membantu. Contohnya termasuk pengurang asam lambung untuk GERD atau obat pereda nyeri untuk sakit kepala hebat. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu meminimalkan dehidrasi setelah mual mereda. Ini termasuk meminum sedikit cairan bening, seperti air atau minuman yang mengandung elektrolit.

Jenis-Jenis Obat Mual Berdasarkan Penyebabnya :

Obat mual untuk mabuk perjalanan

Antihistamin adalah salah satu antiemetik yang direkomendasikan untuk rasa mual karena mabuk perjalanan. Selama ini, sebagian orang mungkin menganggap antihistamin sebagai obat untuk alergi. Faktanya, obat ini memiliki fungsi lain seperti meredakan mual. Obat untuk mengatasi mual dengan kandungan antihistamin yang bisa kamu dapatkan di apotek di antaranya adalah dimenhydrinate (Gravol, Dramamine), meclizine (Bonine), diphenhydramine (Benadryl) dan promethazine (Phenergan).

Obat mual ibu hamil

Mual adalah kondisi yang hampir pasti terjadi pada setiap wanita hamil. Namun, pada keadaan yang parah, obat mual ibu hamil yang bisa dipilih umumnya dari golongan antiemetik. Kamu bisa menggunakan obat yang mengandung antihistamin seperti yang telah disebutkan di atas. Selain antihistamin, kamu dapat mengonsumsi suplemen vitamin B6 seperti piridoksin. Beberapa merek yang bisa dipilih adalah Liconam-10, Pyridoxine HCL, dan Vitamin B6.

Obat mual karena gangguan pencernaan

Salah satu penyebab mual paling umum adalah adanya masalah pada lambung. Dari banyak penyakit, gastroenteritis merupakan yang sering dialami banyak orang. Penyakit yang juga disebut dengan flu perut ini terjadi karena adanya iritasi di sekitar organ pencernaan, terutama usus. Terkadang, muntah adalah hal yang bisa dilakukan untuk meringankan mual. Namun, terlalu sering muntah justru dapat merusak saluran pencernaan itu sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengonsumsi obat antiemetik yang tepat, misalnya bismuth-subsalisilat.

Obat mual karena cemas berlebihan

Ketika seseorang dalam kondisi cemas, hal itu bisa menyebabkan mual dan muntah. Ini adalah cara tubuh bereaksi terhadap stres dan rasa panik yang timbul. Demi mengatasi mual akibat kecemasan berlebih tersebut, pada umumnya dokter memberikan resep obat antiemetik seperti prochlorperazine. Obat mual ini bekerja mengendalikan rangsangan abnormal di otak. Prochlorperazine adalah jenis obat anti muntah sekaligus antipsikotik, yang biasa diresepkan untuk mengobati skizofrenia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *