5 Rekomendasi Obat Batuk Terbaik Untuk Anak

5 Rekomendasi Obat Batuk Anak Terbaik

Obat Batuk Anak

Akhir-akhir ini, kondisi cuaca yang selalu berubah ini memudahkan anak kecil jatuh sakit. Salah satu penyakit umum yang sering terjadi pada anak adalah batuk. Kondisi batuk yang terjadi pada anak akan sangat menganggunya. Ketika mengalaminya, si Kecil akan merasa gatal dan tidak enak di tenggorokan. Tidak hanya itu, batuk juga seringkali datang disertai dengan flu ataupun pilek. Ini jelas akan menganggu aktivitasnya sehari-hari. Untuk itu, Berikut ini adalah 5 rekomendasi obat batuk anak yang bisa dijumpai di Apotek.

1. OBH Combi Anak

OBH Combi anak dapat digunakan untuk meredakan batuk yang disertai dengan gejala flu, termasuk demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin. Obat OBH Combi anak hadir dengan 3 varian rasa, stroberi, apel, dan jeruk. Ini memudahkan anak anda untuk mau mengonsumsi obat saat batuk. OBH Combi anak juga mengandung zat aktif Extract Succus liquiritae, Paracetamol, Ammonium Chlorida, Pseudoephedrine HCl dan Chlorpheniramine Maleat. Kandungan paracetamol dalam obat ini membantu meredakan demam yang terjadi akibat flu. Perlu diperhatikan, obat ini tidak dianjurkan bagi anak-anak dengan gangguan fungsi hati dan ginjal. Kecuali disertai dengan petunjuk dokter.

2. Vicks Formula 44 Anak-Anak

Obat batuk rekomendasi berikutnya ialah Vicks Formula 44 Anak-Anak. Obat batuk ini dapat meredakan batuk berdahak maupun tidak berdahak yang disebabkan oleh flu ataupun pilek. Vicks Formula 44 Anak sirup mengandung dextromethorphan HBr dan Guaifenesin. Kandungan Guaifenesin dalam obat ini merupakan ekspektoran yang membantu melonggarkan rasa sesak di dada dan tenggorokan. Zat ini juga dapat membantu memudahkan si Kecil mengeluarkan dahak. Kandungan lainnya, yaitu dextromethorphan HBr dapat menekan batuk di pusatnya sehingga mengurangi frekuensi batuk. Vicks Formula 44 Anak juga dilengkapi dengan rasa stroberi, yang disukai oleh anak-anak.

3. Hufagrip Batuk Pilek

Terkadang batuk sering kali muncul disertai dengan pilek. Kondisi ini dapat menganggu aktivitas si Kecil sehari-hari. Salah satu pilihan obat batuk yang tepat untuk kondisi tersebut ialah Hufagripp Batuk Pilek. Hufagrip Batuk Pilek dapat anda berikan bagi si Kecil yang memiliki gejala flu seperti hidung tersumbat atau juga bersin-bersin. Perlu diperhatikan, obat ini tidak dapat digunakan untuk mengobati batuk kering. Kandungan Chlorpheniramine maleate (CTM) dalam obat batuk tersebut dapat digunakan untuk mengobati gejala alergi seperti rhinitis dan urtikaria. Ada juga Dextromethorphan HBr digunakan sebagai obat penekan batuk, terutama batuk karena iritasi tenggorokan juga bronkial ringan.

4. Obat Batuk Cap Ibu & Anak

Rekomendasi obat batuk untuk anak selanjutnya adalah obat batuk cap ibu dan anak. Sama seperti Laserin, obat ini dibuat menggunakan bahan-bahan herbal dari tanaman alami, sehingga aman dikonsumsi si Kecil dan ibu hamil. Selain efektif mengobati batuk berdahak dan kering, obat batuk ini dapat digunakan untuk melegakan tenggorokan, mengembalikan suara yang hilang, merawat kesehatan paru-paru, juga menjaga daya tahan tubuh. Obat batuk cap ibu dan anak hadir dengan rasa manis yang pasti disukai si Kecil. Obat batuk cap ibu dan anak dapat dinimum secara langsung ataupun dicampuran dengan air hangat. Minumlah obat ini 30 menit sampai 1 jam sebelum makan.

5. Termorex Plus

Termorex Plus merupakan obat batuk dan flu. Obat ini mampu menghilangkan gejala flu yang disertai dengan demam, bersin-bersin, sakit kepala, juga hidung tersumbat. Obat batuk anak ini mengandung paracetamol 120 mg, Pseudoephedrine HCl 7,5 mg, Glyceryl guaiacolate 25 mg, Chlorpheniramine maleate 0,5 mg. Untuk anak berusia 2-5 tahun, Mama dapat memberikannya 3 kali sehari sebanyak 5 mL (1 sendok teh). Perlu diperhatikan, Anda sebaiknya menghentikan pemakaian obat ini jika muncul tanda-tanda awal reaksi alergi seperti ruam, gatal, sakit tenggorokan, demam, pucat, atau tanda-tanda lainnya. Berhati-hatilah jika menggunakan obat ini pada pasien yang mempunyai penyakit asma.

Comments are closed.