Daftar Obat Cacing untuk Orang Dewasa yang Aman

Daftar Obat Cacing untuk Orang Dewasa yang Aman digunakan

Obat Cacingan untuk Orang Dewasa

Anjuran minum obat cacing untuk anak-anak tentu sudah lumrah Anda dengar. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa orang dewasa juga masih bisa terkena cacingan, terlebih lagi jika Anda kurang menjaga kebersihan. Orang dewasa yang mengalami cacingan harus mengonsumsi obat cacing untuk mengobati akar permasalahannya. Jika tidak ditangani dengan benar, cacingan dapat menyebabkan komplikasi lanjutan, seperti penyumbatan usus dan malabsorpsi (kegagalan penyerapan) nutrisi. Berikut ini adalah rekomendasi obat cacing untuk orang dewasa yang aman untuk dikonsumsi.

1. Mebendazole

Mebendazole merupakan obat untuk mengatasi beberapa jenis cacingan pada orang dewasa. Obat ini lebih umum diresepkan untuk infeksi cacing tambang, cacing gelang, serta cacing cambuk. Mebendazole dapat membunuh cacing dewasa di dalam tubuh, tapi perlu diketahui bahwa obat ini tidak bisa membunuh telur cacing. Ibu hamil, menyusui, serta anak-anak di bawah 2 tahun juga tidak disarankan untuk minum obat ini.

2. Albendazole

Albendazole adalah obat yang biasanya diresepkan untuk mengobati infeksi cacing pita yang menyerang otot, otak, serta mata. Selain untuk infeksi cacing pita, albendazole juga bisa digunakan untuk obat infeksi cacing gelang dan cacing tambang pada orang dewasa. Obat ini bekerja secara langsung dengan cara membunuh cacing yang bersarang di dalam tubuh Anda. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk tablet dan harus diminum sebanyak 2 kali sehari sesudah makan. Untuk mengatasi cacingan, albendazole membutuhkan waktu untuk bekerja sekitar 8-30 hari, tergantung tingkat keparahan infeksi.

3. Pirantel

Pirantel adalah jenis obat lainnya untuk cacingan pada orang dewasa. Biasanya, pirantel diberikan untuk mengatasi infeksi cacing gelang, cacing cambuk, dan cacing kremi. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk kapsul dan obat cair. Dosis yang dianjurkan untuk pirantel adalah 1 kali minum, tetapi harus diulang dalam waktu beberapa hari atau minggu. Pirantel bisa Anda konsumsi dengan cara dicampur jus, susu, atau diminum saat perut dalam keadaan kosong. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter lebih dulu jika sedang hamil atau menyusui sebelum minum obat ini.

4. Invermectin

Ivermectin adalah obat yang sering diberikan dokter untuk mengatasi strongyloidiasis, jenis infeksi cacing gelang yang masuk melalui kulit dan menyerang usus pada orang dewasa. Obat ini bekerja dengan cara membunuh cacing-cacing yang masih berkembang. Sayangnya, ivermectin tidak dapat membunuh cacing dewasa. Ivermectin dikonsumsi dalam bentuk tablet dan harus diminum ketika perut dalam keadaan kosong. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki beberapa kondisi kesehatan tertentu sebelum menggunakan ivermectin, seperti pernah mengidap meningitis atau memiliki penyakit autoimun.

5. Praziquantel

Praziquantel juga merupakan jenis obat yang ditujukan untuk mengatasi infeksi cacing pada orang dewasa, khususnya cacing yang menyerang pembuluh darah atau hati, seperti schistosomiasis. Obat ini juga bisa digunakan untuk infeksi cacing pita pada usus. Obat praziquantel hadir dalam bentuk tablet yang harus dikonsumsi setelah makan. Biasanya, Anda diharuskan minum sebanyak 3 kali sehari.

Comments are closed.