Daftar Obat Salep Luka Bakar yang Aman digunakan

Rekomendasi Obat Salep Luka Bakar yang Aman digunakan

Obat Salep Luka Bakar

kadang kala ada saja kejadian yang bisa membuat bagian tubuh kita terkena panas dan akhirnya menjadi luka bakar. Penggunaan salep luka bakar dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah luka bakar. Walaupun dapat diobati, kamu juga tidak boleh sembarangan dalam mengaplikasikan salep. Gunakan salep luka bakar yang aman secara klinis dan medis.

Penggunaan bahan yang tidak steril dan teruji secara klinis untuk ngeobati luka bakar justru bisa membuat lukanya makin parah, hingga akhirnya meradang dan infeksi. Jika sudah begitu, luka justru akan makin sulit semubuh dan bekasnya akan sulit hilang. Oleh karena itu, Berikut ini adalah rekomendasi obat salep luka bakar yang aman untuk digunakan.

1. Bioderm Cream

Produk salep luka bakar yang satu ini mempunyai kandungan utama berupa gentamicin sulfate yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Sebagai antibiotik aminoglikosida, produk ini mampu untuk membunuh bakteri. Mampu menghambat pertumbuhan bakteri, aplikasikan salep ini kalau kamu mempunyai masalah kulit seperti luka bakar yang terinfeksi, dermatitis yang terinfeksi, furunkulosis, serta acne pustularis.

2. Betadine Anti-Septic Ointment

Ketika mengalami luka bakar, kamu memerlukan produk yang mengandung anti-septik untuk membunuh kuman dan mencegah infeksi. Seperti Betadine Anti-Septic Ointment, salep luka bakar yang mampu membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Dalam produk ini terdapat kandungan povidone-iodine 10% yang dapat membunuh kuman penyebab infeksi. Selain luka bakar, produk ini juga dapat mengatasi luka terpotong, sunat, tergores, dan luka kecil lainnya. Kamu perlu untuk membersihkan luka terlebih dahulu, lalu mengoleskan Betadine Anti-septic Ointment pada luka bakar sebanyak 1-2 kali di seluruh permukaan luka.

3. Neocenta Gel

Produk salep luka bakar selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Neocenta Gel. Terdapat kandungan Neomycin sulfate 0.5% dan Placenta extract 10%, yaitu anti-biotik topikal untuk terapi pada luka bakar serta masalah kulit akibat infeksi bakteri. Tidak hanya mampu menghambat pertumbuhan bakteri, produk ini juga diklaim mampu membentuk jaringan baru pada kulit. Cukup mengoleskan secara tipis dan merata sebanyak 4-6 kali dalam sehari.

4. Nebacetin Ointment

Nebacetin ointment merupakan salep yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri seperti luka ringan, goresan benda tajam, sampai luka bakar ringan. Terdapat kandungan Neomycin sulfate dan Bacitracin yang diklaim mampu menghentikan terjadinya pertumbuhan bakteri pada kulit terluka. Ini merupakan kandungan anti-biotik yang tidak efektif untuk mengatasi infeksi akibat virus atau jamur.

5. Burnazin

Salep yang satu ini sering digunakan oleh banyak orang, membuat salep yang yang satu ini diklaim efektif mengatasi luka bakar dan dapat mencegah infeksi yang akan terjadi. Mempunyai kandungan silver sulfadiazine, produk ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri yang dapat membuat luka menjadi infeksi. Selain itu, salep ini juga dapat membantu menurunkan risiko bakteri menyebar ke kulit agar tidak menyebar ke kulit sekitarnya. Salep ini cocok untuk digunakan kamu yang mengalami luka bakar tingkat kedua dan ketiga.

Comments are closed.