Rekomendasi Obat Cacing Anak yang Aman di Konsumsi

Rekomendasi Obat Cacing Anak yang Aman

Obat Cacing

Infeksi cacing atau cacingan merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang anak-anak usia 1 – 5 tahun. Penyebabnya seringkali disebabkan oleh kebiasaan yang kurang sehat. Seperti tidak mencuci tangan sebelum makan. Jika anak sudah menunjukkan gejala cacingan seperti kurus, lemah, dan lesu biasanya orang tua langsung memberikannya obat cacing anak.

Anak yang menunjukkan gejala cacingan memang harus segera ditangani karena kalau tidak, cacing yang tumbuh di dalam tubuh bisa mempengaruhi pencernaan, penyerapan, dan pengolahan makanan di perut si kecil. Mengatasi cacingan pada anak bisa dilakukan dengan memberikannya obat cacing anak.

Meski di luar sana ada begitu banyak obat cacing anak yang dijual bebas, hanya ada beberapa obat cacing yang anjurkan untuk diberikan pada si kecil. Berikut ini adalah rekomendasi obat cacing yang aman untuk dikonsumsi oleh anak kecil.

1. Obat cacing Combantrin

Obat cacing anak yang pertama adalah Combantrin. Dengan kandungan pirantel pamoat yang ada di dalamnya, obat ini dapat mengobati infeksi cacing yang disebabkan oleh berbagai jenis cacing. Combantrin tidak hanya diperuntukkan untuk anak-anak, tapi juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa.

2. Obat cacing Vermox

Cacingan pada anak juga bisa diatasi dengan obat cacing Vermox yang mengandung Mebendazole 500mg. Mebendazole sendiri adalah obat untuk mengatasi infeksi di dalam saluran pencernaan yang disebabkan oleh satu jenis cacing atau lebih. Obat cacing anak ini bekerja dengan cara mencegah cacing menyerap gula yang merupakan sumber makanan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Vermox dapat dikonsumsi oleh berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tentunya dengan dosis yang berbeda. Obat cacing anak ini hanya diproduksi dalam bentuk tablet. Bagi anak-anak yang punya kesulitan menelan, tablet ini bisa dikonsumsi dengan cara dihancurkan dan dicampur dengan air.

3. Askamex

Obat cacing anak yang direkomendasikan selanjutnya adalah Askamex. Dengan kandungan Levamisole HCl 29,46mg yang setara dengan Levamisole HCl base 25mg, obat cacing ini efektif untuk memberantas cacing gelang dan cacing tambang pada anak-anak dan orang dewasa. Untuk mendapatkannya, Askamex dijual di berbagai apotek dan swalayan.

4. Obat Cacing Upixon

Setiap 5ml obat cacing Upixon mengandung pirantel pamoate 360,25mg setara dengan pirantel base 125mg. Pirantel pamoate dapat digunakan untuk mengobati infeksi cacing jenis: Enterobius Vermiculais, Ascaris Lumbricoides, Ancylostoma Duodenale, Necator Americanus, Trichostrongylus Columbriformis, Trichostrongylus Orientalis infections, yang dialami anak-anak dan orang dewasa. Obat cacing Upixon hadir dalam bentuk larutan/suspensi dengan rasa tutti fruty yang disukai anak-anak. Perlu ibu ketahui, kalau obat cacing ini hanya bisa dikonsumsi oleh anak 2 tahun ke atas.

5. Obat Cacing Konvermex

Selanjutnya ada obat cacing Konvermex. Obat cacing anak keluaran Konimex ini dapat membasmi cacing kremi (Enterobius vermicularis), cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing tambang (Ancylostoma duodenale), cacing tambang (Necator americanus), cacing Trichostrongylus colubriformis dan Orientalis. Setiap tablet Konvermex mengandung pirantel pamoat yang setara dengan pyrantel base 250 mg. Obat cacing ini hadir dalam 4 varian, yakni Konvermex 250 kaplet untuk dewasa, Konvermex 250 suspensi rasa vanilla latte, Konvermex 125 tablet, dan Konvermex 125 suspensi rasa jeruk untuk anak-anak.

Comments are closed.