Rekomendasi obat sariawan yang paling Ampuh

Rekomendasi Obat Sariawan yang Ampuh

Obat Sariawan

Salah satu penyakit yang bisa dibilang cukup sering dialami oleh semua orang adalah Sariawan. Penyebab kondisi dengan istilah medis stomatitis aftosa ini mulai dari melemahnya daya tahan tubuh, kurangnya vitamin B12, serta pemakaian kawat gigi.Sariawan cenderung tidak berbahaya dan akan sembuh dalam jangka waktu beberapa hari saja, namun rasa sakit yang ditimbulkan mampu menganggu aktivitas seperti makan dan berbicara, hingga menyebabkan bau mulut tak sedap. Meski sebenarnya sariawan perlahan dapat sembuh sendiri, tapi jika bisa lebih cepat akan lebih baik. Berikut obat sariawan paling ampuh yang bisa mempercepat penyembuhan:

1. Obat Kumur Betadine

Brand yang satu ini memang lebih dikenal sebagai antiseptik untuk luka biasa dan bukan untuk sariawan. Namun, Betadine telah membuat formulasi antiseptik khusus untuk mengobati penyakit yang terjadi di rongga mulut. Mengandung Povidon Iodine 1%, Betadine dapat mengobati sariawan serta gusi yang membengkak serta membantu menyegarkan mulut.

2. Efisol Liquid

Tak jarang jika sariawan muncul bersamaan dengan radang tenggorokan. Jika hal tersebut terjadi, kalian dapat mengobati kedua penyakit tersebut dengan Efisol Liquid. Obat ini mengandung Dequalinium chloride, sebuah bahan aktif yang berperan sebagai antiseptik. Bahan tersebut ampuh dalam membunuh bakteri maupun jamur yang menginfeksi mulut dan tenggorokan.

3. Aloclair Spray

Nah, obat sariawan yang satu ini cukup praktis untuk digunakan karena memiliki bentuk spray. Aloclair mengandung Polyvinylpyrrolidone (PVP) yang berfungsi untuk membentuk selaput pelindung pada ulkus mukosa pada rongga mulut yang bertahan selama beberapa jam. Kalian cukup menyemprotkan Aloclair pada bagian mulut yang terkena sariawan dan tunggu sekitar 2 menit agar terbentuk selaput pelindung pada sariawan. Dalam hitungan menit, sariawan tidak akan terasa sakit dan perlindungan ini akan bertahan hingga 6 jam.

4. Aloclair Kumur

Masih dari brand yang sama, Aloclair juga menawarkan obat sariawan dalam bentuk obat kumur. Berbeda dengan brand lain, Aloclair kumur merupakan obat sariawan tanpa rasa perih. Karena mengandung lidah buaya, sodium hyaluronate dan Glycyrrhetinic acid yang berfungsi sebagai antiseptik dan pelembab. Aloclair juga tidak menggunakan alkohol sehingga tidak memberikan sensasi menyengat ketika digunakan. Selain menggunakan bahan alami dan tidak menyebabkan perih, Aloclair memiliki rasa yang manis, sehingga cocok untuk digunakan anak-anak.

5. Enkasari

Enkasari adalah obat kumur cair yang dapat mengobati sariawan. Obat produksi PT Kimia Farma ini mengandung ekstrak daun sirih yang terbukti ampuh dalam mencegah infeksi pada sariawan. Selain daun sirih, Enkasari mengandung daun saga dan mentholatum untuk membantu menghilangkan bau mulut serta menyegarkannya.

Comments are closed.