Daftar Obat-obatan penghancur Batu Ginjal

Daftar Obat-obatan penghancur Batu Ginjal

Rekomendasi Obat Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan suatu penyakit ginjal yang umum meskipun gejalanya tidak terlalu terasa pada kebanyakan orang. Namun, bukan berarti tubuh akan baik-baik saja dengan adanya batu tersebut. Semakin lama dibiarkan, batu ginjal dapat membesar dan menimbulkan rasa sakit. Oleh sebab itu, Anda mungkin membutuhkan obat penghancur batu ginjal. Berikut ini adalah beberapa obat Penghancur batu ginjal yang sering diresepkan oleh dokter.

Alpha Blocker

Salah satu jenis obat yang biasa direkomendasikan dokter sebagai penghancur batu ginjal adalah alpha blocker atau penghambat alfa. Obat ini digunakan untuk membantu mengendurkan otot ureter, yaitu saluran yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih. Penggunaan obat ini juga membantu mengurangi rasa sakit yang mungkin dialami saat batu ginjal melewati saluran kemih. Selain itu, batu-batu ureter yang lebih kecil juga dapat keluar lebih cepat dalam beberapa hari.

Kalium Sitrat

Kebanyakan pasien yang memiliki batu asam urat tidak mempunyai terlalu banyak asam urat. Mereka justru mengeluarkan urine dengan kadar pH yang terlalu asam. Jika hal ini terjadi, kadar asam urat normal akan larut ke dalam urine dan membentuk kristal hingga menjadi batu. Peran obat kalium sitrat sebagai penghancur batu ginjal diperlukan. Penggunaan kalium sitrat membantu tubuh menyesuaikan pH urine dan melarutkan batu. Jika digunakan dalam dosis yang tinggi, obat ini juga meningkatkan kadar sitrat urine yang dapat menghambat pembentukan batu ginjal.

Diuretik

Diuretik tidak hanya digunakan untuk merawat pasien gagal ginjal, melainkan juga bisa dipakai sebagai obat penghancur batu ginjal. Diuretik, khususnya diuretik thiazide dapat mengurangi jumlah kalsium yang dilepaskan ke dalam urine. Bahkan, obat ini juga membantu mencegah pembentukan batu ginjal kembali, terutama pada pasien yang memiliki kadar kalsium tinggi dalam urine.

Allopurinol

Sebagai obat penghancur batu ginjal yang sering diresepkan dokter, allopurinol termasuk dalam golongan obat xanthine oxidase inhibitor. Pengobatan batu ginjal yang satu ini berfungsi mengurangi jumlah asam urat yang diproduksi tubuh. Dengan demikian, allopurinol membantu mencegah batu ginjal agar tidak semakin membesar, atau bahkan hancur sama sekali. Jika diperlukan, allopurinol dapat dikombinasikan dengan obat lain, seperti kalium sitrat atau natrium sitrat. Keduanya dapat dipakai untuk membantu melarutkan batu asam urat. Semakin kecil ukuran batu dan semakin dekat posisinya dengan lubang kencing, maka semakin besar peluang batu ikut terbuang bersama urine.

Comments are closed.