5 Obat Diare yang bisa dibeli bebas di Apotek

5 Obat Diare yang bisa dibeli bebas di Apotek

obat diare

Diare merupakan kondisi dimana proses buang air besar terjadi dengan sering dengan feses yang lembek atau cair. kondisi seperti ini tentunya bisa mengganggung aktivitas keseharian anda jika tidak segera ditangani. Untuk Pencegahannya, ada beberapa obat diare yang bisa anda peroleh secara Bebas di Apotek. Berikut ini adalah 5 Obat Diare yang bisa anda beli di Apotek.

1. Karbon Aktif ( Activated Charcoal )

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2017, dikatakan bahwa penggunaan Karbon Aktif atau Activated Charcoal untuk diare dapat menangkap racun, bakteri dan obat-obatan pemicu diare pada permukaan karbon yang berpori dan bertekstur sehingga tidak diserap ke dalam usus. Biarpun bisa mengurangi diare, Namun penggunaan Karbon aktif juga bisa mencegah tubuh menyerap zat gizi yang juga penting bagi tubuh.

2. Bismuth Subsalicylate

Bistmuth Subsalicylate bekerja sebagai antidiare dan anti-peradangan. Obat ini bekerja dengan cara menurunkan frekuensi diare dengan mengurangi jumlah air dalam usus. Namun ada juga efek samping dari penggunaan obat Bismuth Subsalicylate yaitu sembelit, feses menjadi berwarna kehitaman dan lidah juga ikut kehitaman. Selain itu pemakaian Bismuth Subsalicylate dalam dosis yang berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan.

3. Oralit

Oralit adalah larutan gula garam yang tersedia dalam bentuk serbuk. Oralit sebenarnya bukan obat, Tetapi dipakai untuk menggantikan kehilangan cairan dan elektrolit akibat diare. Sebelum digunakan, larutkan terlebih dahulu dengan air matang. Minum oralit atau cairan sejenis yang mengandung elektrolit lebih baik untuk mengatasi diare ketimbang minum air putih saja.

4. Attapulgite

Attapulgite bekerja dengan memperlambat kerja usus besar agar dapat menyerap lebih banyak air. Tujuannya adalah agar tekstur feses menjadi lebih padat. Obat ini juga biasanya meredakan nyeri perut pada diare. Meskipun demikian, penggunaannya bisa memicu sembelit setelah diare mereda.

5. Kaolin Pectin

Merupakan Kombinasi yang berfungsi menangkap dan membawa keluar bakteri, racun, dan zat penyebab diare didalam usus. Kaolin Pectin juga akan menyerap kelebihan air diusus sehingga konsistensi feses menjadi padat. Obat ini banyak dimanfaatkan untuk mengobati diare akibat Kolera.

Selain itu, hindari penggunaan obat-obatan ini bila diare disertai dengan demam, Penyakit berat, nyeri perut hebat, serta bila feses berdarah atau berlendir. Pada Kasus-kasus seperti ini, penggunaan obat-obat tersebut justru dapat memperparah diare dan penyakit yang mendasarinya. Sebaiknya segera konsultasi ke dokter bila anda mengalami diare yang seperti ini.

Comments are closed.